Selasa, 15 Desember 2009

Cara menaikkan traffic memang jadi masalah. Gampang-gampang susah bagi yang kita, tapi susah-susah gampang bagi yang lainnya.
Kunjungan jadi kata kunci, itulah kenapa traffic begitu penting bagi blog dan situs kita. Ribuan bahkan jutaan situs dan blog jadi pesaing kita tiap detik, menit, dan hari, utamanya bagi newcomer. Apalagi kalau situs atau blog kota jadi ajang bisnis, siap-siaplah berjibaku. Content dan desain jadi daya pikat.
Seperti nulis ke koran, tulisan yang layak muat tidaklah sembarangan. Tidak semua tulisan dipublikasi selama tidak memenuhi selera dan kriteria media, apalagi di blog atau situs yang peminatnya makin tinggi. Syarat utama cara menaikkan atau meningkatkan traffic antara lain.
1. Isi (content) punya nilai jual
Nilai jual bukan asal-asalan, tetapi isi yang berisi, isi dibutuhkan banyak orang. Blog atau situs punya daya gugah dan daya tarik luar biasa. Di kita tradisi ini memang belum biasa. Tapi di luar sana iklim pergulatan gagasan jadi kebutuhan. Lihatlah situs-situs yang menjajakan tulisan, butuh kualitas penulis.
2. Content yang aneh
Isi yang aneh juga jadi bahan rujukan, terkesan memang jadi sesuatu yang tidak biasa. “Babi Ngepet Keluyuran”, kalaupun tidak tercengang-cengang, orang dibuat terheran-heran. “Anjing mengejar kita” bukan cerita, tapi “Kita mengejar anjing” pasti cerita. “Pria Monogami” mungkin biasa, tetapi “Wanita Poliandri” mungkin luar biasa.
3. Content yang nyeleneh (sensasional)
Berita selebriti lebih menarik dibanding pengukuhan akademik. Aneh memang di kita ini. Content yang aneh adalah content yang provokatif, mungkin melanggar batas susila, mungkin sesutau yang berlebihan dan hiperbola . “Hah, kawin lari?”, “Masak sih selingkuh?”
4. Jual Informasi Gratisan (Free)
Sesuatu yang free (bebas biaya), pasti diburu orang. Yang dicari interneter umumnya “Free Download”, “Free e-book”, dll.
5. Jajakan Peluang Bisnis
Urusan perut banyak dinanti. Selain situs lowongan kerja, jodoh, peluang bisnis akan cepat ditanggapi karena kebutuhan dasar manusia sebagai homo economicus.
6. Yakini Kata Hati, Yakini Sang Illahi
Saya tidak bermaksud menempatkan Khalik kita sebagai nomor akhir. Selama ikhtiar itu maksimal, selama itulah permohonan patut kita panjatkan.
Tulisan ini dibuat atas pengalaman pribadi dan referensi yang lain. Semoga cara menaikkan atau meningkatkan traffic di atas bermanfaat.

1 komentar:

  1. thanks brooder atas infonya,dan gw juga mo share info nih...
    gw nemu blog yang bisa datengin traffic ke blog kite di coba ya brooder

    http://adf.ly/1IQ8

    BalasHapus